Artikel

7 Ciri- Ciri Agen Properti Yang Bisa Diandalkan

8 Tips Rahasia Desain Interior Profesional Untuk Ruangan Indah

Dengan dekorasi yang tepat, rumah anda juga bisa menjadi tempat kediaman yang paling nyaman untuk keluarga. Tidak perlu repot atau merogoh biaya yang mahal demi mendapatkan sentuhan tangan interior desainer, sebab kami punya 8 tips rahasia interior dari para profesional. Dengan sedikit upaya, bukan tidak mungkin ruangan di rumah anda bisa disulap menjadi tempat yang mewah dan bergaya modern :

 

  1. Menyusun Bantal Sofa Secara Proposional

 

Untuk asen sofa yang nyaman, tempatkan bantal yang berukuran 20 x 20 inchi dengan motif yang berani di setiap sudut sofa. Tambahkan lagi 2 buah bantal sofa berukuran 16x 16 inchi dengan koordinasi warna yang cerah. Untuk sofa panjang, boleh juga anda tempatkan sofa bergaya guling dengan motif yang tidak norak, misalnya liris untuk desain yang seimbang.

 

  1. Gantungan Dekorasi Dinding

 

Problem klasik dalam dekorasi dinding adalah posisi yang terlalu tinggi terhadap sebuah dinding ruangan. Pedomannya adalah dekorasi dinding harus berjarak sekitar 10-20 cm dari perabot di bawahnya, misalnya lemari yang berukuran besar atau lebih tinggi lagi jika perabot berukuran kecil atau sedang. Usahakan agar jarak antara perabot seperti sofa terhadap dekorasi dinding tidak terlalu jauh sehingga tidak terdapat ruang kosong yang tidak nyaman dipandang.

 

  1. Menata Rak Buku

 

Susunlah rak buku dengan kompisisi 60% buku secara vertikal dan 40% secara horizontal untuk mendapatkan dekorasi yang seimbang. Selain tampak lebih merata, anda juga bisa menunjukkan berbagai sisi buku dan sampul buku yang menarik. Tambahkan juga pot tumbuhan hijau berukuran sedang atau kecil untuk memberikan sentuhan yang hangat. Hindari meletakkan bunga karena malah akan terkesan terlalu ramai.

 

  1. Memanfaatkan Cermin

 

Letak cermin yang paling ideal adalah di tengah dinding dengan tinggi sekitar 1,45 meter karena tinggi ini pas terhadap jarak pandang mata rata- rata manusia.

 

  1. Ukuran Karpet Utama

 

Ukuran karpet akan sangat menentukan bagaimana penataan perabot utama di sebuah ruangan. Usahakan agar seluruh kursi tetap terletak di dalam karpet ruangan. Anda juga bisa menggunakan 2 buah karpet berbeda untuk mendapatkan suasana santai yang bervariasi di dalam sebuah ruang keluarga yang luas.

 

  1. Mengukur sebelum membeli

 

Pastikan ukuran meja makan anda tidak lebih lebar daripada 90 cm. Ukuran ini paling tepat untuk memungkinkan suasana makan yang akrab dan hangat, namun tetap muat jika ditempati dengan beberapa dekorasi di tengah meja makan. Para desainer ini juga menyarankan untuk menggunakan meja bundar karena mudah ditempatkan di sudut ruangan dan biasanya lebih luas dibandingkan meja persegi yang kaku.

 

  1. Kombinasi Warna Ideal

 

Ketika ingin menentukan warna ruangan, gunakan warna dominan sebanyak 60% dan sisakan 30% untuk warna sekunder, serta 10% untuk asen warna dekorasi. Contoh : untuk sebuah ruangan bergaya klasik, dinding dengan cat warna kalem menjadi kanvas dominan. Sedangkan perabot seperti sofa menjadi warna sekunder yang matching, sedangkan bantal sofa menjadi 10% dengan aksen floral yang menarik.

 

  1. Meja Tamu Yang Tepat

 

Rata- rata sofa berukuran 50 cm tingginya, dengan demikian meja yang mendampingi seperangkat sofa santai anda haruslah berukuran tinggi sekitar 38 - 50cm. Tempatkan dengan jarak 45cm dari ujung sofa untuk membuat ruang yang leluasa untuk keluar masuk. Untuk lebar meja yang sesuai adalah sekitar ⅔ dari sofa utama.

 

Dengan mengetahui trik- trik profesional ini, anda pun siap menata ruangan bak desainer profesional. Hasilnya? Rumah idaman semakin rapi, indah dan proposional.

15 Ciri- Ciri Properti Yang Layak Dijadikan Investasi

 

Properti adalah salah satu jenis investasi yang banyak diminati karena rata- rata sangat menguntungkan dalam waktu yang relatif singkat. Jika anda jeli dalam memilih properti yang layak untuk dijadikan investasi  masa depan, maka dapat dipastikan kalau nilai perputaran atau profit yang anda terima akan sangat berarti. Properti idaman juga sering menjadi incaran penyewa sehingga anda juga bisa mendapatkan pemasukan rutin yang lumayan. Cari tahu 15 ciri- ciri properti emas yang dimaksud dengan cara berikut ini:

 

  1. Lokasi, lokasi, dan lokasi. Jika properti berada di lokasi yang strategis, maka banyak penyewa yang berani membayar harga sewa tinggi sekaligus merawat properti saat ditinggali. Dengan demikian, biaya perawatan semakin minimal dan harga pokok investasi dapat semakin naik.

 

  1. Berada di lokasi yang anda kuasai. Dalam arti, anda cukup mengenali kawasan tersebut sehingga anda tahu persis lokasi favorit di daerah tersebut dan paham akses paling gampang ke berbagai lokasi lain. Pengetahuan ini sangat membantu saat anda akan menjual properti anda tersebut.

 

  1. Memiliki 15% ROI ( Return of Investment). Jika Sewa - ( hutang + biaya) = 15% ( atau lebih), maka properti tersebut memiliki tingkat profit yang cukup tinggi.

 

  1. Properti dapat disewakan sekurang- kurangnya 1% dari harga beli setiap bulannya. Contoh : jika harga beli rumah adalah 1 Milyar Rupiah, maka harga sewa bulanan harus sekurang- kurangnya Rp 10 juta Rupiah.

 

  1. Dapat segera disewakan atau dijual tanpa memerlukan waktu yang lama.

 

  1. Bangunan berada dalam kondisi yang baik, sehingga tidak membutuhkan banyak biaya renovasi atau perawatan lainnya.

 

  1. Memiliki potensi untuk tumbuh menjadi area yang ramai. Banyak area yang tampaknya masih sepi namun bisa diprediksi akan booming dalam kurun waktu 3,5 atau hingga 10 tahun berikutnya.

 

  1. Properti terletak di di daerah keramaian seperti sekolah, transportasi umum, taman kota, daerah perbankan, dan lain sebagainya.

 

  1. Praktis atau berada di pusat perbelanjaan kota atau tempat hiburan.

 

  1. Properti tidak berada di daerah yang sangat bergantung pada industri tertentu. Hal ini dikarenakan jika industri tersebut tidak berkembang, maka nilai investasi akan ikut anjlok sesuai trend industri yang berlaku.

 

  1. Properti berada di daerah yang akan terjadi ledakan jumlah penduduk.

  2. Properti berada di daerah yang sesuai dengan target klien anda. Misalnya, jika anda lebih sering menjual kepada klien yang berkeluarga, maka lokasi properti di daerah yang terlalu ramai dan bising tidak akan terlihat menarik bagi mereka. Sebaliknya, klien yang masih lajang tidak akan terlalu mempersoalkan hal- hal tersebut.

 

  1. Biaya pajak atas properti masih bisa ditutupi dari biaya sewa bulanan .

 

  1. Berada dekat di daerah sekolah yang ternama, karena properti demikian akan sangat menarik bagi keluarga yang memiliki anak usia sekolah.

 

  1. Berada di lokasi yang aman dan tidak rawan kriminalitas.

 

Saat membeli properti untuk diinvestasikan, penting untuk selalu bersikap teliti dan berhati- hati dalam pemilihan daerah hingga bangunan properti yang diinginkan. Menggunakan jasa agen properti bisa menjadi alternatif yang aman dan menguntungkan bagi anda. Akhir kata, selamat berinvestasi di dunia properti!

8 Langkah Menabung Untuk Persiapan Membeli Rumah Idaman

Tidak dapat dipungkiri, manusia pasti membutuhkan tempat tinggal yang bisa memberikan rasa kebanggaan dan kenyamanan. Tetapi, kendala keuangan juga merupakan faktor yang sering menjadi penghalang dalam meraih rumah idaman dalam sebuah keluarga. Terutama untuk para pasangan muda yang ingin menikah, menabung sudah menjadi kewajiban supaya dapat mencapai tujuan hidup bersama. Selain gigih dan terus tekun dalam menabung, pastikan anda sudah mengikuti 10 langkah pintar dalam menabung ini supaya semakin dekat dengan membeli rumah idaman anda :

 

  1. Membuat Rencana Anggaran Bulanan

 

Anda hanya akan bisa menabung jika jumlah pengeluaran anda semakin kecil dibandingkan dengan pendapatan yang masuk. Oleh karena itu, seluruh target finansial anda harus dimulai dari perencanaan anggaran yang tepat. Penting untuk bersikap realistis dalam perencanaan ini supaya hasil yang didapatkan akan lebih nyata. Selain itu, bersifat hemat dan tidak berbelanja sembarangan juga akan sangat membantu dalam mewujudkan rencana anggaran bulanan yang sukses.

 

  1. Amankan Tabungan Anda

 

Memisahkan tabungan anda secara khusus adalah cara yang cukup efektif supaya anda tidak selalu tergoda untuk menghabiskannya. Alokasikan tabungan anda di rekening yang tidak boleh anda sentuh dan sisakan sedikit sesuai rencana anggaran di sebuah tabungan aktif yang mudah diakses.

 

  1. Membiasakan Menabung

 

Salah satu prinsip menabung yang selalu berhasil adalah dengan menganggap tabungan sebagai beban yang harus dikeluarkan setiap bulan. Sama halnya dengan tagihan rutin bulanan lainnya, anda harus berpedoman bahwa angka tabungan yang telah anda targetkan tidak dapat lagi diganggu gugat dan tetap harus disetorkan kepada tabungan terpisah untuk disimpan demi masa depan.

 

  1. Menabung Pendapatan Ekstra

 

Tidak jarang seseorang bisa mendapatkan lebih dari 1 sumber penghasilan, walaupun seberapa kecil hasilnya. Jika anda tiba- tiba mendapatkan proyek dadakan atau penghasilan tambahan, langsung alokasikan seluruh pendapatan tersebut untuk rencana membeli rumah. Jangan serta merta tergoda untuk membelanjakan pendapatan tersebut.

 

  1. Menabung Dalam Jumlah Besar

 

Bonus tahunan atau THR adalah contoh pemasukan yang cukup besar jumlahnya yang sering dinantikan oleh banyak orang. Daripada membelanjakan dana tersebut untuk berlibur atau membeli keperluan lain yang tidak mendesak, motivasikan diri anda untuk menabung seluruh jumlah yang besar tersebut ke dalam rekening tabungan masa depan.

 

  1. Target Rumah Sesuai Kebutuhan

 

Tidak perlu terlalu muluk- muluk dalam menentukan rumah idaman anda. Jika anda hanya sebuah keluarga kecil, maka anda cukup menargetkan diri untuk membeli rumah berukuran kecil hingga sedang. Seiring anda semakin sukses ke depannya, maka bukan tidak mungkin anda bisa membeli rumah kedua sesuai dengan kapasitas keuangan anda.

 

  1. Rajin Mencari Penghasilan Tambahan

 

Hidup hemat memang merupakan solusi yang tepat untuk memperbanyak tabungan. Tetapi mencari penghasilan tambahan tentunya juga akan sangat efektif dalam menambah pundi- pundi uang anda. Jangan melewatkan kesempatan untuk mencari pekerjaan sampingan sesuai dengan bakat dan keahlian anda.


 

  1. Mencari Dukungan Moril

 

Sama halnya dengan pencapaian lainnya dalam hidup, usaha anda dalam menabung akan terasa lebih mudah jika didukung oleh keluarga atau teman- teman terdekat anda. Jika mereka mengetahui rencana anda, maka bukan tidak mungkin mereka akan dengan senang hati mengulurkan tangan dalam membantu meringankan beban anda, bukan hanya dalam arti finansial saja namun juga secara keseluruhan.

 

Akhir kata, jangan pernah menyerah dan pastinya segera anda akan segera mendapatkan hasil jika terus konsisten, gigih, dan pantang menyerah dalam perjalanan menuju rumah idaman pertama anda.


 

5 Tanda Anda Siap Membeli dan Menjadi Pemilik Rumah

 

Menjadi pemilik properti erat kaitannya dengan kesanggupan finansial seseorang. Untuk membeli sebuah rumah idaman, anda juga butuh komitmen dan persiapan mental yang panjang sebelumnya terutama dari segi keuangan. Cari tahu apakah anda sudah siap membeli rumah dan menjadi pemilik properti investasi yang bertanggung jawab dengan 5 pertanda berikut ini :

 

  1. Biaya Sewa Lebih Besar Dari Biaya Cicilan

 

Membeli rumah tentu menjadi solusi yang paling menguntungkan dan masuk akal jika biaya cicilan rumah ternyata lebih kecil daripada biaya sewa rumah. Namun, jangan pula diabaikan beberapa biaya bulanan yang muncul serta biaya down payment yang lumayan besar jumlahnya.

 

Rata- rata orang sering mengambil pembayaran dengan jangka waktu yang cukup panjang, dimulai dari 5 tahun hingga 10 tahun atau lebih. Oleh karena itu, anda harus membuat rencana jangka panjang secara finansial untuk memastikan kesanggupan anda ke depannya. Jika kondisi pekerjaan anda terasa cukup stabil dan memungkinkan, bisa jadi anda sudah siap untuk memulai membeli rumah pertama anda.

 

  1. Memiliki Sejarah Finansial Yang Bersih

 

Dengan rencana pembayaran melalui KPR atau cicilan dari bank, anda juga butuh untuk memiliki track record histori kredit yang bersih dan dapat disetujui oleh pihak bank. Tidak jarang ajuan cicilan KPR atau kredit rumah ditolak karena calon pembeli tertanya tidak memiliki kredibilitas yang meyakinkan. Oleh karena itu, pastikan anda telah melunasi seluruh kewajiban supaya tidak sampai memiliki catatan kredit yang buruk demi peminjaman fasilitas kredit rumah.

 

  1. Memiliki Cadangan Keuangan

 

Membeli rumah berarti anda sudah harus siap dengan biaya tak terduga yang berkaitan dengan rumah baru tersebut, misalnya : biaya untuk pindah, biaya mengurus perizinan, hingga biaya perawatan bulanan yang tidak perlu anda pikirkan sebelumnya.

 

Semakin besar tabungan emergency anda untuk hal- hal tak terduga tersebut, maka semakin besar kesiapan anda untuk melangkah sebagai pemilik rumah idamanmu.

 

  1. Riset Atas Lingkungan Yang Diminati

 

Menyesuaikan rumah idaman dengan kondisi keuangan memang adalah hal yang sah- sah saja. Namun, anda juga harus mempertimbangkan faktor lingkungan dimana rumah idaman anda berada. Dengan melakukan riset sederhana seperti melihat- lihat kondisi lingkungan pada saat malam hari atau mencari tahu komunitas yang kerap hadir akan memberikan anda sebuah gambaran kehidupan anda nantinya saat benar- benar telah pindah ke dalam rumah idaman. Jika anda telah mengevaluasi poin ini, maka rencana untuk membeli rumah pasti akan semakin mantap.

  1. Siap Bekerjasama Dengan Agen Properti

 

Hubungan anda dengan agen properti anda akan sangat menentukan kesuksesan dalam mencari rumah idaman yang paling ideal dan pas dengan kondisi keuangan dan mental anda. Jika anda siap untuk bekerjasama dengan seorang agen properti pilihan, maka anda akan diuntungkan dari segi pengetahuan dan wawasan properti sesuai keahlian seorang realtor di bidangnya. Pada akhirnya, anda akan semakin melangkah lebih dekat dan pasti saat membeli rumah yang paling pas untuk anda.

 

Bagaimana dengan anda ? Apakah masih ragu dalam menentukan keputusan membeli rumah pertama anda? Berdiskusilah dengan agen properti dalam mencari tahu kisaran harga serta informasi berharga lainnya yang akan sangat menentukan keputusan anda nantinya.